TICKETING AND RESERVATION

TICKETING AND RESERVATION



Product of arlines 

A. Main Product  :
  • aircraft 
  • destination
  • scheduling
  • ground handling : penanganan passanger needs yang dapat merupakan pelayanan tambahan, biasanya terjadi di airport
  • inflight : pelayanan pasaanger selama penerbangan
  • reservation
  • ticketing
  • human resources  
B. Other Product :

  • program : bersifat extern dan intern (menyangkut pengembangan perusahaan dan tujuan tujuan dalam jangka pendek atau jangka panjang
  • advertisment
  • pricing : sesuai dengan jalur atau route penerbangan dan peraturan pemerintah
  • administration

Reservasi Penerbangan

menurut IATA ( International Air Traffic Association ) reservasi adalah  suatu permintaan penyediaan secara awal bagi ruang, tempat duduk, atau akomodasi untuk seseorang atau sesuatu ruang untuk barang yang di bawa orang tersebut.

sedangkan airlines reservation adalah penyediaan tempat atau pembukuan pada dinas dinas penerbangan bagi penumpang beserta permintaan permintaan (bila ada) akan fasilitas fasilitas tertentu.

manfaat reservasi dari sisi penumpang :

  1. mempermudah mengatur atau mempersiapkan keperluannya sedini mungkin
  2. memberi kepastian rencana perjalanan
  3. efisiensi waktu
manfaat reservasi dari sisi airlines :

  1. sarana untuk menjual load factor secara maksimum
  2. sarana untuk meningkatkan produksi
  3. mempermudah atau memperlancar penjualan produksi 
  4. menyediakan layanan secara maksimum 
  5. efisiensi                
jenis jenis reservasi penerbangan :

  1. berdasarkan teknis pelaksanaan = manual & computerized
  2. berdasarkan jumlah pax = group dan individual
  3. berdasarkan alat yang digunakan = verbal, telepon, telex, faximile, dan computer (online reservation)
  4. berdasarkan saluran = direct reservation dan indirect reservation

tugas dari reservasi :
  1. penyediaan tempat 
  • mengawasi saleable seat pada penerbangan tertentu dengan mencatat pembukuan dan pembatalannya
  • mengusahakan pendapatan semaksimal mungkin
2. permintaan khusus

 meneruskan permintaan khusus penumpang kepada bagian bagian yang bersangkutan

3. penjualan

  • menyarankan perubahan penerbangan apabila diperlukan
  • membantu jika terjadi ketidakaturan
  • memberikan laporan kepada bagian penjualan
  • membuat rencana untuk masa depan
  • memberikan revenue setinggi mungkin

fungsi reservasi :

  • melaksanakan penyediaan seat atau space
  • agar tidak sampai terjadi oversales
  • mengusahakan pendapatan setinggi tingginya

    Comments

    Post a Comment

    Popular posts from this blog

    TOUR PLANNING

    PT. TUNGGAL IKA MAHAKARYA

    DUO TRAVELLER GOES TO BANDUNG