TOUR PLANNING



Tour Planning adalah suatu perencanaan perjalanan yang dibuat sebelum tour dilaksanakan yang bertujuan untuk mengatur kegiatan-kegiatan selama tour berlangsung sehingga tour yang dilaksanakan teratur.

A.      Pengertan Biro Perjalanan

Biro perjalanan adalah Kegiatan usaha yang bersifat komersial yang mengatur, dan menyediakan pelayanan bagi seseorang,sekelompok orang, untuk melakukan perjalanan dengan tujuan utama berwisata

B.      Ruang lingkup Biro Perjalanan Umum

Ruang lingkupnya kegiatan usahanya adalah:
1. Membuat, menjual dan menyelenggarakan paket wisata.
2. Mengurus jasa angkutan perorangan atau kelompok yang di urusnya.
3. Melayani pemesanan akomodasi, restaurant dan sarana wisata lainnya.
4. Mengurus dokumen perjalanan5. Menyelenggarakan panduan perjalanan perjalanan wisata.
6. Melayani penyelenggaraan konvensi.

C.      Fungsi Biro Perjalanan Umum
 
Fungsi Biro Perjalanan Umum di bedakan dua fungsi yaitu:
1.FungsiUmumDalam hal ini biro perjalanan merupakan suatu badan usaha yang dapat memberikan penerangan atau informasi tentang segala sesuatu yang berhubungan dengan dunia perjalanan pada umumnya dan perjalanan wisata pada khususnya.

2. Fungsi khusus:
a. Biro perjalanan sebagai perantara.
b. Biro perjalanan sebagai badan usaha yang merencanakan dan menyelenggarakan tour dengantanggung jawab dan resikonya sendiri.
c. Biro perjalanan sebagai pengorganisasi yaitu dalam menggiatkan usaha ia aktif menjalin kerjasama dengan perusahaan lain baik dalam dan luar negeri.  Fasilitas yang dimiliki di manfaatkansebagai dagangannya.

D.     Ruang Lingkup Agen Perjalanan

1. Menjadi perantara pemesanan pemesanan tiket
2. Mengurus dokumen perjalanan3. Menjadi perantara pemesanan akomodasi, restaurant, sarana wisata dll
4. Menjual paket wisata yang di buat oleh biro perjalanan umum

G. Tour Operator
Adalah suatu perusahaan yang usaha kegiatannya merencanakan dan menyelenggarakan perjalananuntuk tujuan pariwisata atas inisiatif dan risiko sendiri dengan tujuan mengambil keuntungan darikegiatan tersebut

Bentuk dan Klasifikasi Tour
  1. Tour Berdasarakan Tempat / Wilayah
         Tour berdasarkan tempat/wilayah dibedakan menjadi 3 (tiga) yaitu:
a.      Domestik Tour adalah Tour yang dilaksanakan masih di dalam negeri dengan peserta juga dari dalam negeri yaitu wisatawan nusantara.
              Contohnya : 3 hari Tour Bali dengan peserta dari Bogor
b.      Inbound Tour adalah Tour yang dilaksanakan dari Luar Negeri ke dalam Negeri
              Contohnya : 3 Hari Jakarta Glory Morning Tour dengan peserta dari Singapore
c.       Outbound Tour adalah Tour yang dilaksanakan dari Dalam Negeri ke Luar Negeri
Contohnya : 3 Hari Singapura Free & Easy dengan peserta dari Jakarta

2.      Tour Berdasarkan Waktu
Tour berdasarkan waktu di bedakan menjadi Tiga (tiga) bagian yaitu :
a.      Halfday Tour adalah Tour setengah hari dengan durasi antara 4-6 jam. Terbagi dalam 3 (tiga) bagian yaitu :
·         Morning Tour adalah Tour yang dilaksanakan pada pagi hari
Contoh : Bandung Morning Tour
·         Afternoon Tour adalah Tour yang dilaksanakan pada siang hari
 Contoh : Bandung Afternoon Tour
·         Night Tour adalah Tour yang dilaksanakan pada malam hari
Contoh : Bandung Night Tour
b.      Fullday Tour adalah Tour yang dilaksanakan sehari penuh dengan durasi 8-10 jam
Contohnya : Fullday GreenCanyon Pangandaran Tour
c.       Overnight Tour adalah Tour yang dilaksanakan lebih dari satu hari atau tergantung dari acara dan kebutuhan wisatawan.  Contoh : 2 Hari Bandung Tour


3.      Tour Berdasarkan Cara Penyelenggaraan
Dibedakan menjadi dua (2) bagian yaitu :
a.      Regular Tour adalah Tour yang penyelenggaraannya tetap sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.
Contoh : Jakarta Glory Morning TourDep. 08.00 Am From Tour Centre

b.      Irregular Tour adalah Tour yang penyelenggaraannya tidak tetap, tidak sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan atau bisa saja sesuai dengan permintaan wisatawan.
Contoh : 9 Hari Jakarta – Bali Overland Tour

4.      Tour Berdasarkan Tujuan
Tour berdasarkan tujuan, dibedakan menjadi Enam (6) yaitu :
a.      Educational Tour adalah Tour yang dalam pelaksanaannya untuk menambah ilmu pengetahuan, mengadakan peneilitian atau untuk mempelajari dari dekat obyek wisata yang dikunjungi.
b.      Bussiness Tour adalah Tour yang dalam pelaksanaannya untuk tujuan bisnis tentunya sambil berlibur.
Nah Bussiness Tour juga dapat dibagikan menjadi tiga (3) bagian yaitu :
1.      Trade Fair Tour / Expo Tour : Acara perjalanan yang mengunjungi kegiatan pameran dagang yang ada kaitannya dengan kegiatan usaha dari wisatawan.
2.      Incentive Tour : Perjalanan wisata yang diadakan oleh perusahaan bagi para karyawannya atau rekanan bisnisnya sebagai insentip untuk meningkatkan produksi penjualannya.
3.      Familirization Tour (Fam Trip) : Tour ini hanya dilaksanakan untuk travel biro.
c.       Convention Tour adalah Tour yang diselenggarakan dengan tujuan mengadakan kegiatan konvensi atau pameran.
d.      Adventure Tour adalah Suatu tour yang bertujuan untuk suatu petualangan.
Contoh : 2 Days Baduy Tribe Tour
e.      Agricultural Tour adalah Perjalanan wisata yang bertujuan untuk belajar bercocok-tanam yang berkaitan dengan pertanian.
f.        Pilgrimage Tour Perjalanan wisata yang ditujukan untuk beribadah



5.      Tour Berdasarkan Sarana Angkutan
Tour berdasarkan sarana angkutan di bagi menjadi tiga (3) bagian yaitu :
a.    Overland Tour adalah Suatu Perjalanan wisata yang menggunakan kendaraan darat.
Contoh : 5 Hari Jakarta – Bromo Overland Tour

b.    Sea Tour adalah Suatu Perjalanan wisata yang menggunakan kapal laut
Contoh : 10 Days Caribbean Cruise Tour

c.       Air Tour adalah Suatu Perjalanan wisata yang menggunakan pesawat sebagai sarana transportasinya.
Contoh : 3 Hari Jakarta – Bali Tour


6.      Tour Berdasarkan Kelas/Tariff
Tour berdasarkan tariff di bedakan menjadi lima (5) bagian yaitu :
a.      Tourist Class    : Tour yang dilaksanakan dengan menggunakan hotel bintang satu
b.      Budget Class    : Tour yang dilaksanakan dengan menggunakan hotel bintang dua
c.       Standard Class : Tour yang dilaksanakan dengan menggunakan hotel bintang tiga
d.      First Class        : Tour yang dilaksanakan dengan menggunakan hotel bintang empat
e.      Deluxe Class    : Tour yang dilaksanakan dengan menggunakan hotel bintang lima

7.      Tour Berdasarkan Jumlah Peserta
Tour berdasarkan jumlah peserta di bagi ke dalam dua (2) bagian yaitu :
a.      Individual Tour / FIT (For Individual Travelling)
Tour yang diselenggarakan dalam bentuk perorangan, biasanya kurang dari sembilan orang
b.      Group Tour / GIT (Group Inclusive Travelling)
Tour yang diselenggarakan dalam bentuk group biasanya lebih dari Sembilan Orang








8.      Tour Berdasarkan Minat
Tour berdasarkan minat dibagi menjadi tiga (3) bagian yaitu :

a.      General Tour               : Tour ini biasanya mengunjungi obyek-obyek wisata yang umum  dikunjungi oleh wisatawan.

b.      Special Interest Tour   : Tour ini biasanya disusun berdasarkan minat dari wisatawan.
c.       Marine Tour                : Tour yang bertujuan untuk menikmati obyek wisata laut.


9.      Tour Berdasarkan Pembuatan
            Tour berdasarkan cara pembuatannya di bagi menjadi dua (2) bagian yaitu :
  1. Ready Made
Merupakan suatu produk yang disiapkan terlebih dahulu kemudian setalah jadi ditawarkan kepada konsumen.
Contoh : Brosur, dan Confidential Tariff
  1. Tailor Made
Produk wisata yang dibuat berdasarkan permintaan dari Konsumen.

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

DI BALIK JAM DINDING

OBJEK WISATA DI BOGOR