TOUR PLANNING
Tour Planning adalah suatu perencanaan perjalanan yang dibuat sebelum
tour dilaksanakan yang bertujuan untuk mengatur kegiatan-kegiatan selama tour
berlangsung sehingga tour yang dilaksanakan teratur.
A.
Pengertan Biro Perjalanan
Biro perjalanan
adalah Kegiatan usaha yang bersifat komersial yang mengatur,
dan menyediakan pelayanan bagi seseorang,sekelompok orang, untuk
melakukan perjalanan dengan tujuan utama berwisata
B. Ruang lingkup
Biro Perjalanan Umum
Ruang lingkupnya
kegiatan usahanya adalah:
1. Membuat,
menjual dan menyelenggarakan paket wisata.
2. Mengurus jasa
angkutan perorangan atau kelompok yang di urusnya.
3. Melayani
pemesanan akomodasi, restaurant dan sarana wisata lainnya.
4. Mengurus
dokumen perjalanan5. Menyelenggarakan panduan perjalanan perjalanan wisata.
6. Melayani
penyelenggaraan konvensi.
C. Fungsi Biro
Perjalanan Umum
Fungsi Biro
Perjalanan Umum di bedakan dua fungsi yaitu:
1.FungsiUmumDalam hal ini biro perjalanan merupakan suatu badan usaha yang dapat memberikan penerangan
atau informasi tentang segala sesuatu yang berhubungan dengan dunia perjalanan
pada umumnya dan perjalanan wisata pada khususnya.
2. Fungsi khusus:
a. Biro
perjalanan sebagai perantara.
b. Biro
perjalanan sebagai badan usaha yang merencanakan dan menyelenggarakan tour
dengantanggung jawab dan resikonya sendiri.
c. Biro
perjalanan sebagai pengorganisasi yaitu dalam menggiatkan usaha ia aktif
menjalin kerjasama dengan perusahaan lain baik dalam dan luar negeri. Fasilitas yang dimiliki di manfaatkansebagai
dagangannya.
D. Ruang
Lingkup Agen Perjalanan
1. Menjadi
perantara pemesanan pemesanan tiket
2. Mengurus
dokumen perjalanan3. Menjadi perantara pemesanan akomodasi, restaurant, sarana wisata
dll
4. Menjual paket
wisata yang di buat oleh biro perjalanan umum
G. Tour Operator
Adalah suatu
perusahaan yang usaha kegiatannya merencanakan dan menyelenggarakan
perjalananuntuk tujuan pariwisata atas inisiatif dan risiko sendiri dengan
tujuan mengambil keuntungan darikegiatan tersebut
Bentuk dan Klasifikasi Tour
- Tour Berdasarakan Tempat / Wilayah
Tour berdasarkan tempat/wilayah dibedakan menjadi 3 (tiga) yaitu:
a.
Domestik
Tour adalah Tour yang dilaksanakan masih di dalam negeri dengan peserta juga
dari dalam negeri yaitu wisatawan nusantara.
Contohnya : 3 hari Tour Bali dengan peserta dari Bogor
b.
Inbound
Tour adalah Tour yang dilaksanakan dari Luar Negeri ke dalam Negeri
Contohnya : 3 Hari Jakarta Glory Morning Tour dengan peserta dari
Singapore
c.
Outbound
Tour adalah Tour yang dilaksanakan dari Dalam Negeri ke Luar Negeri
Contohnya : 3 Hari Singapura Free
& Easy dengan peserta dari Jakarta
2.
Tour Berdasarkan Waktu
Tour berdasarkan waktu di bedakan
menjadi Tiga (tiga) bagian yaitu :
a.
Halfday
Tour adalah Tour setengah hari dengan durasi antara 4-6 jam. Terbagi dalam 3
(tiga) bagian yaitu :
·
Morning
Tour adalah Tour yang dilaksanakan pada pagi hari
Contoh : Bandung Morning Tour
·
Afternoon
Tour adalah Tour yang dilaksanakan pada siang hari
Contoh : Bandung Afternoon Tour
·
Night
Tour adalah Tour yang dilaksanakan pada malam hari
Contoh : Bandung Night Tour
b.
Fullday
Tour adalah Tour yang dilaksanakan sehari penuh dengan durasi 8-10 jam
Contohnya :
Fullday GreenCanyon Pangandaran Tour
c.
Overnight
Tour adalah Tour yang dilaksanakan lebih dari satu hari atau tergantung dari
acara dan kebutuhan wisatawan. Contoh :
2 Hari Bandung Tour
3.
Tour Berdasarkan Cara Penyelenggaraan
Dibedakan menjadi dua (2) bagian yaitu
:
a.
Regular
Tour adalah Tour yang penyelenggaraannya tetap sesuai dengan jadwal yang telah
ditentukan.
Contoh : Jakarta
Glory Morning TourDep. 08.00 Am From Tour Centre
b.
Irregular
Tour adalah Tour yang penyelenggaraannya tidak tetap, tidak sesuai dengan
jadwal yang telah ditentukan atau bisa saja sesuai dengan permintaan wisatawan.
Contoh : 9 Hari
Jakarta – Bali Overland Tour
4.
Tour Berdasarkan Tujuan
Tour berdasarkan tujuan, dibedakan
menjadi Enam (6) yaitu :
a.
Educational
Tour adalah Tour yang dalam pelaksanaannya untuk menambah ilmu pengetahuan,
mengadakan peneilitian atau untuk mempelajari dari dekat obyek wisata yang
dikunjungi.
b.
Bussiness
Tour adalah Tour yang dalam pelaksanaannya untuk tujuan bisnis tentunya sambil
berlibur.
Nah Bussiness
Tour juga dapat dibagikan menjadi tiga (3) bagian yaitu :
1.
Trade
Fair Tour / Expo Tour : Acara perjalanan yang mengunjungi kegiatan pameran
dagang yang ada kaitannya dengan kegiatan usaha dari wisatawan.
2.
Incentive
Tour : Perjalanan wisata yang diadakan oleh perusahaan bagi para karyawannya
atau rekanan bisnisnya sebagai insentip untuk meningkatkan produksi
penjualannya.
3.
Familirization
Tour (Fam Trip) : Tour ini hanya dilaksanakan untuk travel biro.
c.
Convention
Tour adalah Tour yang diselenggarakan dengan tujuan mengadakan kegiatan konvensi
atau pameran.
d.
Adventure
Tour adalah Suatu tour yang bertujuan untuk suatu petualangan.
Contoh
: 2 Days Baduy Tribe Tour
e.
Agricultural
Tour adalah Perjalanan wisata yang bertujuan untuk belajar bercocok-tanam yang
berkaitan dengan pertanian.
f.
Pilgrimage
Tour Perjalanan wisata yang ditujukan untuk beribadah
5.
Tour Berdasarkan Sarana Angkutan
Tour berdasarkan sarana angkutan di
bagi menjadi tiga (3) bagian yaitu :
a.
Overland
Tour adalah Suatu Perjalanan wisata yang menggunakan kendaraan darat.
Contoh : 5 Hari
Jakarta – Bromo Overland Tour
b.
Sea
Tour adalah Suatu Perjalanan wisata yang menggunakan kapal laut
Contoh : 10 Days
Caribbean Cruise Tour
c.
Air
Tour adalah Suatu Perjalanan wisata yang menggunakan pesawat sebagai sarana
transportasinya.
Contoh : 3 Hari
Jakarta – Bali Tour
6.
Tour Berdasarkan Kelas/Tariff
Tour berdasarkan tariff di bedakan
menjadi lima (5) bagian yaitu :
a.
Tourist
Class : Tour yang dilaksanakan dengan
menggunakan hotel bintang satu
b.
Budget
Class : Tour yang dilaksanakan dengan menggunakan
hotel bintang dua
c.
Standard
Class : Tour yang dilaksanakan dengan
menggunakan hotel bintang tiga
d.
First
Class : Tour yang dilaksanakan
dengan menggunakan hotel bintang empat
e.
Deluxe
Class : Tour yang dilaksanakan dengan menggunakan
hotel bintang lima
7.
Tour Berdasarkan Jumlah Peserta
Tour berdasarkan jumlah peserta di
bagi ke dalam dua (2) bagian yaitu :
a.
Individual
Tour / FIT (For Individual Travelling)
Tour yang
diselenggarakan dalam bentuk perorangan, biasanya kurang dari sembilan orang
b.
Group
Tour / GIT (Group Inclusive Travelling)
Tour yang
diselenggarakan dalam bentuk group biasanya lebih dari Sembilan Orang
8.
Tour Berdasarkan Minat
Tour berdasarkan minat dibagi menjadi
tiga (3) bagian yaitu :
a.
General
Tour : Tour ini biasanya mengunjungi
obyek-obyek wisata yang umum dikunjungi
oleh wisatawan.
b.
Special
Interest Tour : Tour ini biasanya
disusun berdasarkan minat dari wisatawan.
c.
Marine
Tour : Tour yang bertujuan
untuk menikmati obyek wisata laut.
9.
Tour Berdasarkan Pembuatan
Tour
berdasarkan cara pembuatannya di bagi menjadi dua (2) bagian yaitu :
- Ready Made
Merupakan suatu produk yang disiapkan
terlebih dahulu kemudian setalah jadi ditawarkan kepada konsumen.
Contoh : Brosur, dan Confidential
Tariff
- Tailor Made
Produk wisata yang dibuat berdasarkan
permintaan dari Konsumen.
Makasih informasinya
ReplyDeleteAlphaz19.blogspot.com
This comment has been removed by the author.
ReplyDeletemembantu sangat.. thank youuuu.
ReplyDelete